Software VPN, Jasa pembuatan website, Hosting Murah, Hosting WordPress, Hosting Indonesia, Hosting terbaik, Hosting lokal murah, Website E-commerce, Website gratis, Website yang menarik, Jasa pembuatan website

Pengenalan dan Cara Install Laravel Sail

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengenalan Laravel Sail berikut dengan fitur dan cara install Laravel Sail di sistem operasi Anda.

Apa Itu Laravel Sail?

Laravel Sail adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh tim Laravel yang bertujuan untuk memudahkan pengembangan aplikasi web dengan Laravel. Sail memberikan alat yang mudah digunakan untuk mengelola infrastruktur aplikasi web Laravel Anda, termasuk instalasi dan konfigurasi server, database, dan bahkan pembuatan Docker container.

Sail memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi Laravel Anda dengan perintah yang sederhana di terminal, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola aplikasi Laravel Anda di berbagai lingkungan seperti development, staging, dan produksi.

Fitur-fitur Laravel Sail

Beberapa fitur utama dari Laravel Sail adalah:

  • Instalasi dan konfigurasi server: Sail memungkinkan Anda untuk dengan mudah menginstal dan mengkonfigurasi server yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda, seperti Nginx, PHP, dan MySQL.
  • Pembuatan Docker container: Sail menyediakan alat yang mudah digunakan untuk membuat container Docker yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda di berbagai lingkungan, seperti development, staging, dan produksi.
  • Integrasi dengan Git: Sail memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola aplikasi Laravel Anda dengan menggunakan Git, termasuk fitur seperti deploy dari repository Git.
  • Integrasi dengan Cloudflare: Sail menyediakan integrasi dengan Cloudflare, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola DNS dan keamanan aplikasi Laravel Anda melalui Cloudflare.
  • Integrasi dengan Redis dan Memcached: Sail menyediakan integrasi dengan tools seperti Redis dan Memcached, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola cache dan session aplikasi Laravel Anda.
  • Pengelolaan aplikasi dengan perintah di terminal: Sail memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola aplikasi Laravel Anda dengan menggunakan perintah di terminal, seperti memulai dan menghentikan server, menjalankan migrasi database, dan lainnya.
Baca Juga  Cara Install Laravel di Mac

Secara keseluruhan, Laravel Sail dirancang untuk membantu Anda dalam pengembangan aplikasi web dengan Laravel dengan cara yang lebih efisien dan terstruktur.

Cara Install Laravel Sail

Untuk menginstall Laravel Sail, Anda membutuhkan tool-tool berikut ini :

  • Sistem operasi yang didukung: Laravel Sail dapat diinstall di sistem operasi seperti macOS, Linux, dan Windows.
  • Composer: Laravel Sail menggunakan Composer untuk mengelola dependensi yang diperlukan. Pastikan Anda sudah menginstall Composer di sistem Anda sebelum menginstall Laravel Sail.
  • PHP: Laravel Sail membutuhkan PHP versi 7.3 atau yang lebih baru. Pastikan Anda sudah menginstall PHP di sistem Anda.
  • Docker: Laravel Sail menggunakan Docker untuk membuat container yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda. Pastikan Anda sudah menginstall Docker di sistem Anda.

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah tentang bagaimana cara install Laravel Sail di sistem Anda seperti berikut

  1. Pastikan Anda sudah menginstall Composer di sistem Anda. Composer adalah manajer dependensi PHP yang akan digunakan untuk menginstall Laravel Sail.
  2. Buka terminal Anda dan jalankan perintah composer global require laravel/sail. Ini akan menginstall Laravel Sail di sistem Anda.
  3. Setelah proses instalasi selesai, jalankan perintah sail new app untuk membuat aplikasi Laravel baru dengan nama “app”. Ini akan menginstall semua dependensi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda.
  4. Setelah aplikasi Laravel Anda terbuat, masuk ke direktori aplikasi dengan menggunakan perintah cd app.
  5. Jalankan perintah sail up untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda di development environment. Perintah ini akan membuat container Docker yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Laravel Anda, dan juga akan menjalankan server PHP dan Nginx.
  6. Buka browser Anda dan akses alamat http://localhost:8000 untuk mengakses aplikasi Laravel Anda.
Baca Juga  Cara Install Laravel di Mac

Itu adalah tutorial dari Ruang Koding tentang bagaimana cara install Laravel Sail di sistem Anda. Pastikan untuk membaca dokumentasi resmi Laravel Sail untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Laravel Sail dan fitur-fiturnya.

Leave a Comment

close